Thursday, July 28, 2016

Cara merawat burung kenari

Cara merawat kenari muda, yakni burung kenari yang berusia di bawah empat bulan sebetulnya memerlukan kesabaran bagi pemiliknya, sebab pada umumnya, burung kenari muda ini baru bisa berkicau setelah berumur lima hingga enam bulan. Semakin bertambahnya usia kenari muda, maka dia dapat makin rajin berkicau, setelah itu, burung kenari dapat jadi gacor setelah dewasa dan siap kawin dengan calon pasangannya. Adapun lebih dari satu cara yang harus dilaksanakan dalam merawat kenari muda yang tetap berumur tidak cukup dari empat bulan, agar kita bisa merawat kenari muda milik kita agar cepat bunyi pas terasa tumbuh dewasa.

Saat ini, ada banyak pencinta burung yang lebih senang membeli kenari yang tetap berusia muda atau bahkan terlalu muda. Selain disebabkan sebab harganya yang lebih murah, kenari muda lebih ringan untuk dimaster dengan nada burung yang diinginkan.

ika Anda menghendaki mencetak kenari spesifik untuk lomba, maka kenari yang disiapkan harus berusia lebih muda, atau lebih kurang 25 – 30 hari, sebab pas itu adalah pas yang paling tepat untuk mengawali sistem pemasteran kenari.

Nah, tak hanya cara merawat kenari muda agar cepat bunyi diatas, berikut ini ada lebih dari satu tips perlu lain tentang perawatan burung kenari yang berusia tidak cukup dari empat bulan agar burung kenari milik Anda jadi kenari yang berkualitas, baik dari faktor mental dari si kenari, maupun dari nada isiannya.

Setiap jenis burung tentu perlu nutrisi tinggi untuk mendukung perkembangan sel, bulu, dan juga perkembangan kegunaan organ-organ tubuhnya. Bedanya, takaran zat gizi dari pakan burung yang harus sesuai dengan usia masing-masing.

Kenari atau jenis burung lain memerlukan pakan yang berprotein tinggi sejak tetap muda. Sejumlah ahli menganjurkan untuk berikan pakan dengan takaran protein lebih kurang 20 – 22 %. Hal ini perlu dilaksanakan untuk memacu perkembangan dan kegunaan organ-organ tubuh kenari muda yang sebetulnya belum sempurna, tak hanya juga untuk mendukung perkembangan badan kenari muda.

Ketika burung kenari telah masuk usia remaja (sekitar empat hingga tujuh bulan), kebutuhan protein dalam pakan kebanyakan menurun, agar cukup diberi pakan dengan takaran protein 14 – 16 %. Namun, pas burung telah terasa dewasa (umur lebih kurang delapan bulan atau lebih), maka kebutuhan protein dalam pakan burung juga dapat lagi meningkat, jadi lebih kurang 17 – 20 %.

Kenari muda juga memerlukan vitamin dan mineral. Sebagian vitamin dan mineral berikut telah tekandung dalam pakan biji-bijian, tetapi belum mencukupi kebutuhan hariannya. Oleh sebab itu, diperlukan makanan tambahan yang punya kandungan lebih banyak vitamin dan mineral, yakni melalui buah dan sayuran. caramemelihara.com

Sayuran berwarna hijau gelap terlalu baik untuk kenari anakan sebab miliki takaran vitamin A dan vitamin C lebih banyak, dan juga punya kandungan lebih dari satu mineral seperti kalsium (Ca), fosfor (P), zat besi (Zn), dan magnesium (Mg) yang perlu untuk perkembangan burung kenari. Sayuran yang berwarna hijau tua juga jadi sumber karotenoid yang miliki kegunaan untuk memerangi radikal bebas pada burung.

Selain itu, buah-buahan juga diperlukan sebagai makanan tambahan untuk kenari muda atau bakalan. Porsi buah-buahan sebaiknya berjumlah 1/4 bagian saja. Buah-buahan seperti peer dan apel baik untuk kenari, tetapi janganlah lupa untuk mengulas kulit dan membuang bijinya lebih-lebih dahulu. Anda juga harus mencatat bahwa tidak seluruh buah-buhan boleh dikonsumsi oleh burung kenari. Ada lebih dari satu buah yang ‘haram’ diberikan pada beragam burung kicauan, juga burung kenari, seperti alpukat dan tanaman cokelat.

No comments:

Post a Comment